Kegiatan PJM

Workshop Pendampingan Pengisian Sistem e-SPMI Siklus II Tahun 2022

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Audit Mutu Internal Siklus II Tahun 2022, Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP Universitas Riau menyelenggarakan Workshop Pendampingan Pengisian Sistem e-SPMI Universitas Riau Tahun 2022. Acara ini dihadiri oleh Koordinator Pusat Jaminan Mutu (PJM) Universitas Riau, Dr. Reni Suryanita, ST., MT, Deputi SPMI, Geovanni Meiwanda, S.Sos., MPA, Deputi Sistem Informasi, Rahmat Rizal Andhi, ST., MT dan seluruh tim Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Fakultas/Pasca Universitas Riau.

Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 15 September 2022 di Hotel Royal Asnof Pekanbaru. Acara dibuka langsung oleh Koordinator Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP, Dr. Reni Suryanita, ST., MT yang menjelaskan tentang siklus SPMI (PPEPP) dan pentingnya menerapkan budaya mutu pada setiap Program Studi dan Fakultas di Universitas Riau. Acara kemudian dilanjutkan dengan laporan sebaran data dari Sistem e-SPMI Siklus I yang telah dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2022 yang lalu, sekaligus mengumumkan jadwal pengisian data SPMI di sistem e-SPMI oleh GPM Program Studi, jadwal monitoring dan evaluasi di sistem e-SPMI oleh SPM F/P dan jadwal Audit Mutu Internal (AMI) Siklus II Universitas Riau. Acara ditutup dengan pemaparan dan bimbingan teknis mengenai sistem e-SPMI oleh Deputi Sistem Informasi, Rahmat Rizal Andhi, ST., MT.

Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah PLP

Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP Universitas Riau menyelenggarakan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Mendukung Luaran Hibah Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Universitas Riau tahun 2022. Acara ini dihadiri oleh Sekertaris LPPMP Universitas Riau, Dr. Suyanto, S.Sos., M.Sc., Koordinator Pusat Jaminan Mutu (PJM) Universitas Riau, Dr. Reni Suryanita, ST., MT, Deputi PLP, Suratman, ST., MT dan seluruh pranata laboran yang telah menerima Hibah Penelitian PLP Tahun 2022.

Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 18 Agustus 2022 di Hotel The Zuri Pekanbaru dengan mengundang narasumber Prof. Zuchra Helwani, ST., MT., Ph.D yang membawakan materi Penyusunan Karya Tulis untuk PLP dan Dr. Muhammad Fauzi, S.Pi., M.Si yang membawakan materi Penelusuran Literatur dan Plagiarisme Acara ini berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh 42 orang PLP Universitas Riau yang sedang atau telah melaksanakan penelitian dimana PLP diwajibkan membuat luaran penelitian berupa karya tulis ilmiah yang harus diselesaikan sebelum Seminar Akhir yang direncanakan berlangsung pada akhir bulan Oktober 2022.

Workshop Penyusunan Borang Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Akreditasi Program Studi
Previous
Next

Dalam rangka persiapan Universitas Riau menuju akreditas Unggul, Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu (LPPMP) Universitas Riau mengadakan Workshop Penyusunan Borang Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Akreditasi Program Studi di Hotel Pangeran Pekanbaru pada Tanggal 11 Agustus 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan proses konversi Akreditasi setiap Program Studi di Universitas Riau ke Akreditasi Unggul/Sangat Baik. Acara Workshop ini dihadiri oleh Sekertaris LPPMP, Dr. Suyanto, S.Sos., M.Sc,  Koordinator PJM, Dr. Reni Suryanita, ST., MT,  Deputi SPME, Dr. Yessi Olivia, SIP., MintRel, beserta seluruh perwakilan dari Program Studi di lingkungan Universitas Riau.

Acara dibuka secara langsung oleh Sekertaris LPPMP dan dilanjutkan dengan paparan mengenai Instrumen Suplemen Konversi (ISK) oleh  Koordinator PJM dan Deputi SPME. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab mengenai proses ISK yang akan dilaksanakan oleh Program Studi yang akan mengkonversi Akreditasinya dari A/B ke Akreitasi Unggul / Sangat Baik. Di akhir acara ditutup dengan sharing pengalaman dari Program Studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang sudah menyelesaikan proses ISK dan berhasil memperoleh Akreditasi Unggul.

Kegiatan Evaluasi Audit Mutu Internal (AMI) Program Studi Siklus I Tahun 2022

Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP Universitas Riau mengadakan kegiatan Kegiatan Evaluasi Audit Mutu Internal (AMI) Siklus I Tahun 2022 di Hotel Zuri Pekanbaru pada Tanggal 8 Agustus 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi proses AMI Program Studi yang telah dilaksanakan oleh Auditor AMI UNRI ke masing-masing Program Studi yang ada di Universitas Riau. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekertaris LPPMP, Dr. Suyanto, S.Sos., M.Sc,  Koordinator PJM, Dr. Reni Suryanita, ST., MT, Deputi SPMI, Geovani Meiwanda, S.Sos., M.PA, Deputi SPME, Dr. Yessi Olivia, SIP., MintRel, dan Deputi Sistem Informasi, Rahmat Rizal Andhi, ST., MT beserta seluruh tim Auditor AMI UNRI. 

Kegiatan ini merupakan tahapan dari siklus PPEPP untuk melakukan evaluasi terhadap proses Audit Mutu Internal (AMI) Program Studi yang hasilnya kemudian akan dikembalikan ke Program Studi masing-masing untuk dibawa kedalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) di tingkat UPPS / Fakultas. Acara dibuka secara langsung oleh Sekertaris LPPMP dan dilanjutkan dengan paparan mengenai Audit Mutu Internal (AMI) oleh  Koordinator PJM dan Deputi SPMI. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab mengenai proses AMI yang sudah dilaksanakan oleh Auditor secara daring untuk siklus I tahun 2022 ini untuk memaparkan hasil dan masukan dari Auditi dalam hal ini Koordinator masing-masing Proram Studi yang di audit. Di akhir acara ditutup dengan pemaparan mengenai Permintaan Tindakan Koreksi (PTK) yang harus dibuat oleh tim Auditor untuk diberikan kepada Auditi. PTK ini akan menjadi acuan bagi Auditor untuk pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) pada siklus kedua yang akan dilaksanakan pada bulan November nanti.

Kegiatan Penyegaran Auditor AMI UNRI 2022

Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP Universitas Riau mengadakan kegiatan Penyegaran Auditor AMI UNRI 2022 di Hotel Zuri Pekanbaru pada Tanggal 5 Juli 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan persiapan Auditor AMI UNRI untuk melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) Program Studi Siklus I tahun 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekertaris LPPMP, Dr. Suyanto, S.Sos., M.Sc,  Koordinator PJM, Dr. Reni Suryanita, ST., MT, Deputi SPMI, Geovani Meiwanda, S.Sos., M.PA, Deputi SPME, Dr. Yessi Olivia, SIP., MintRel, dan Deputi Sistem Informasi, Rahmat Rizal Andhi, ST., MT beserta seluruh ketua dan Auditor AMI UNRI yang sudah tersertifikasi kompetensi Auditor SPMI & AMI. 

Kegiatan ini merupakan tahapan dari siklus PPEPP untuk melakukan Audit terhadap Data dan Dokumen Mutu Program Studi yang telah diinput dan divalidasi pada sistem e-SPMI UNRI oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Program Studi dan Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Fakultas/Pasca pada tanggal bulan Mei dan Juni 2022. Acara dubuka secara resmi oleh Sekertaris LPPMP Universitas Riau yang dilanjutkan dengan penjelasan materi AMI dan SPMI oleh Koordinator PJM dan Deputi SPMI, yang dilanjutkan dengan penjelasan terkait sistem AMI menggunakan sistem e-SPMI oleh Deputi Sistem Informasi. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab mengenai proses AMI yang akan dilaksanakan secara daring untuk siklus I tahun 2022 ini. Di akhir acara ditutup dengan pembagian tim Auditor beserta Program Studi yang akan diaudit di siklus I AMI Prodi tahun ini.

Pembahasan Hasil Monitoring e-SPMI Oleh SPMF/P dan PJM LPPMP Universitas Riau

Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP Universitas Riau mengadakan acara Pembahasan Hasil Pengisian dan Monitoring e-SPMI Siklus I Tahun 2022 di Hotel Zuri Pekanbaru pada Tanggal 6 Juni 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator PJM, Dr. Reni Suryanita, ST., MT, Deputi SPMI, Geovani Meiwanda, S.Sos., M.PA, Deputi SPME, Dr. Yessi Olivia, SIP., MintRel, dan Deputi Sistem Informasi, Rahmat Rizal Andhi, ST., MT beserta seluruh ketua dan anggota tim Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Fakultas atau Pasca perwakilan setiap Fakultas/Pasca Sarjana.

Kegiatan ini merupakan tahapan dari siklus PPEPP untuk Pemutakhiran Data dan Dokumen Mutu Program Studi yang telah dilaksanakan oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Program Studi pada tanggal 13 – 30 Mei 2022. Acara dimulai dengan pemaparan sebaran data isian mutu dan formulir mutu seluruh fakultas oleh Deputi Sistem Informasi yang kemudian dilanjutkan dengan paparan dan laporan dari setiap fakultas mengenai sebaran data isian mutu dan formulir mutu setiap Program Studinya masing-masing. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai hasil  monitoring e-SPMI yang menampung saran dan masukan dari SPMF/P untuk sistem e-SPMI dan program kerja masing-masing fakultas. Di akhir acara ditutup dengan pemaparan Deputi SPME mengenai Rapat Tinjauan Manjemen (RTM) dan rencana Audit Mutu Internal (AMI) yang akan segera dilaksanakan pada setiap Fakultas di Universitas Riau.

Pengumuman Penerima Hibah Pengembangan Profesi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)

Daftar Peserta Penerima Program Hibah PLP Tahun 2022

No Nama Fakultas Bidang Keilmuan
1 Afdal, ST., MT Fakultas Teknik Teknik Sipil
2 Arman Faluti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Mikroteknik Tumbuhan
3 Eka Febriyanti Fakultas Keperawatan Biomedik - Pekerawatan
4 Eko Riyawan, ST., MT Fakultas Teknik Teknik Sipil
5 Emilda, S.Pd Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Kimia
6 Helvitri, S.Farm., M.Si Fakultas Perikanan dan Kelautan Biologi
7 Indra Permana Fakultas Teknik Teknik Kimia
8 Jatwoko, ST Fakultas Teknik Teknik Informatika
9 Mintarto Fakultas Teknik Teknik Mesin
10 Nofriati, S.Pd Fakultas Perikanan dan Kelautan Mikrobiologi dan Bioteknologi
11 Ramdani, S.Kom Fakultas Teknik Teknik
12 Syafri Boy, S.Pi., M.Si Fakultas Perikanan dan Kelautan Kimia Lingkungan
13 Telphy Utami, SP., M.Si Fakultas Pertanian Teknologi Benih
14 Yeni Indrawati, ST., MT Fakultas Teknik Teknik Kimia
15 Yulina, S.Pd Fakultas Teknik Teknik Kimia

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu (LPPMP) telah melakukan seleksi dan menetapkan 15 (lima belas) peserta pada tabel diatas sebagai penerima Program Hibah Pengembangan Profesi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) pada tahun 2022. Penerima hibah wajib melakukan penandatanganan kontrak yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 April 2022. Penerima hibah juga diwajibkan mengikuti pembekalan dan pendampingan Program Penerima Hibah pada tanggal 29 Maret 2022 secara Daring. Demikian disampaikan informasi ini, atas perhatiannnya kami ucapkan terima kasih.

Surat resmi penetapan pemenang hibah Pengembangan Profesi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) tahun 2022

 

Workshop dan Pendampingan Penulisan Proposal Hibah Penelitian PLP Universitas Riau

Pusat Jaminan Mutu LPPMP Universitas Riau melaksanakan kegiatan Workshop dan Pendampingan Penulisan Proposal Hibah Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) sebagai bagian dari kegiatan Hibah Penelitian PLP – Program Aksi ADB yang telah dibuka secara resmi 1 minggu sebelumnya. Acara workshop dan pendampingan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 2 Maret 2022 berlokasi lantai 2 gedung LPPMP Universitas Riau.

Acara dimulai pada jam 08.30 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan laporan dari ketua panitia sekaligus Deputi PLP PJM,  Suratman, ST., MT. Acara kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Ketua LPPMP, Prof. Dr. Zulkarnain, MM, sekaligus membuka secara resmi acara workshop ini. Acara workshop ini mengundang narasumber, Yeni Indrawati, ST., MT, penerima hibah nasional PLP untuk membagikan pengalaman dan wawasan beliau tentang penulisan proposal hibah penelitian PLP. Acara ini diikuti oleh 40 orang PLP yang bekerja di seluruh unit kerja Universitas Riau. Untuk kegiatan pendampingan penulisan proposal penelitian dilakukan oleh 2 orang narasumber yaitu Dr. Reni Suryanita ST., MT dan Yuana Nurulita, S.Si., M.Si., PhD.

Diharapkan dengan terlaksanakan workshop dan pendampingan penulisan proposal penelitian ini, Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Universitas Riau lebih siap dalam menyusun proposal hibah penelitian PLP yang telah didukung oleh Program Aksi ADB, sehingga bisa menghasilkan proposal penelitian yang berkualitas untuk didanai dan dikembangkan menjadi karya ilmiah di tingkat lokal maupun nasional.

Workshop Penyusunan Dokumen SPMI di Lingkungan Universitas Riau

Pusat Jaminan Mutu LPPMP Universitas Riau menyelenggarakan “Workshop Penyusunan Dokumen SPMI” pada hari Selasa, 1 Maret 2022 di Hotel Grand Elite Pekanbaru. Acara Workshop ini mengundang 2 (dua) orang perwakilan dari tim Satuan Penjaminan Mutu Fakultas (SPMF) dari masing-masing fakultas yang ada di Universitas Riau.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ketua LPPMP, Prof. Dr. Zulkarnain, MM, sekaligus membuka secara resmi acara workshop. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh 4 orang narasumber yang diundang pada workshop ini. Materi pada sesi pertama adalah “Kebijakan SPMI Universitas Riau dan SPMI sesuai Borang Akreditasi 9 Standar” yang dibawakan oleh Koordinator PJM, Dr. Reni Suryanita. Materi kedua adalah “Pengenalan dan Pengisian Formulir SPMI” yang dibawakan oleh Deputi SPMI PJM, Geovani Meiwanda, S.Sos., MPA. Materi ketiga adalah “Teknis Pelaporan dan Pemantauan SPMI oleh Tim SPMF” yang dibawakan oleh Deputi SPME PJM, Dr. Yessi Olivia. Materi terakhir adalah “Pengisian sistem untuk pemantauan SPMF” yang dibawakan oleh Deputi SI PJM, Rahmat Rizal Andhi, ST., MT.

Acara ditutup pada jam 16.00 WIB oleh Koordinator PJM , Dr. Reni Suryanita. Diharapkan dengan terlaksananya acara workshop ini dapat membantu tugas dan tanggung jawab tim SPMF dalam menjaga mutu setiap Program Studi di Fakultas masing-masing. 

Hibah Pengembangan Profesi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)

Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) sebagai profesi dan bagian dari civitas akademika perguruan tinggi yang diberikan tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pengelolaan laboratorium pendidikan perlu diberikan ruang untuk mengembangkan profesinya. Dalam rangka pembinaan dan pengembangan profesi PLP, program AKSI ADB Universitas Riau melalui LPPMP Universitas Riau meluncurkan program pengembangan profesi bagi PLP di lingkungan Universitas Riau. 

Sejalan dengan Konsep Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi PLP perlu diberikan ruang untuk melakukan penelitian dalam upaya meningkatkan jumlah penelitian di Indonesia. Langkah nyata untuk mewujudkan konsep tersebut salah satunya melalui program hibah pengembangan profesi PLP.

Tujuan dari program Hibah Pengembangan Profesi PLP ini antara lain :

  1. Memfasilitasi penelitian PLP agar menghasilkan produk penelitian yang bermutu dan diakui  sehingga   mampu   meningkatkan mutu layanan di laboratorium pendidikan.
  2. Mencari dan mengimplementasikan berbagai praktik baik PLP tentang model dan metode pengelolaan laboratorium pendidikan.
  3. Mendorong peningkatan kompetensi PLP untuk menjadi tenaga fungsional yang memiliki kompetensi yang tinggi.

Adapun topik penelitian pranata laboratorium pendidikan yang berkenaan dengan pengelolaan lahan basah dan kebencanaan, meliputi:

  1. Pengembangan kinerja peralatan dan bahan yang ada di laboratorium
  2. Pengembangan metode kerja peralatan yang ada di laboratorium
  3. Pengembangan metode pengujian/kalibrasi dan atau produksi dalam skala terbatas menggunakan peralatan dan bahan yang ada di laboratorium
  4. Peningkatan mutu produk dalam skala laboratorium.
  5. Pengembangan  sistem     pengelolaan     laboratorium (tidak     termasuk pengembangan sistem informasi laboratorium).
  6. Peningkatan Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3) di laboratorium

Output / luaran yang diharapkan dari Program Hibah Pengembangan Profesi PLP ini yaitu :

  1. Seminar laporan hasil penelitian dalam pertemuan ilmiah di tingkat institusi, nasional atau internasional (bukti fisik berupa berita acara); atau
  2. Publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah minimal Sinta 5 (sudah submit)

Penelitian hibah kompetisi pengembangan profesi PLP bersumber dari anggaran proyek AKSI ADB Universitas Riau dengan skema yang ditawarkan melalui LPPMP Universitas Riau maksimal Rp. 7.000.000,00. Satu topik/judul penelitian dilakukan selama delapan bulan.

Seleksi dilakukan secara online melalui laman PJM. Seleksi proposal dimaksudkan untuk menjaring usulan penelitian yang berkualitas dan memenuhi syarat administratif maupun substansi. Mekanisme seleksi diawali dengan pengunggahan proposal yang telah disahkan melalui laman PJM. Kemudian panitia seleksi akan menugasi penelaah untuk menilai kelayakan proposal pengusul. Penetapan penerima hibah dilaksanakan dalam rapat penelaah dan akan diumumkan secara terbuka melalui laman PJM. Persyaratan, Tahapan Kegiatan, dan Template Laporan bisa diunduh pada Panduan Hibah menggunakan tautan dibawah. 

Link Surat Penawaran Hibah Pengembangan Profesi PLP

Link Panduan Hibah Penelitian PLP- Program AKSI ADB

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan(Musrenbang) LPPMP 2022 -2023

Pusat Jaminan Mutu (PJM) Universitas Riau mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) LPPMP 2022-2023 pada tanggal 27 – 29 Januari 2022 di Hotel Santika Bukittinggi, Sumatera Barat. Musrencang LPPMP merupakan acara yang digelar setiap awal tahun untuk melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh setiap pusat pada tahun sebelumnya dan memaparkan rencana kegiatan dan anggaran untuk 2 tahun berikutnya. 

Acara Musrenbang ini dipimpin langsung oleh Ketua LPPMP, Prof. Dr. Zulkarnain, MM. Turut serta dalam acara Sekertaris LPPMP dan Ketua serta Deputi dari setiap pusat LPPMP. Acara dibuka pada hari Kamis, 27 Januari 2022, dilanjutkan dengan presentasi dari setiap pusat dimulai dari Pusat Pengembangan dan Pendidikan (PUSBANGDIK), Pusat Jaminan Mutu (PJM), Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahan (P2K2), Pusat Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU), Pusat Bimbingan Konseling (BK) dan Pusat Urusan Internasional (PUI).

Acara ditutup pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 dengan melakukan penandatanganan Kontrak Kinerja 2022. Dengan terlaksananya Musrenbang LPPMP 2022-2023 maka setiap pusat diharapkan mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan  kegiatan yang telah direncanakan sesuai dengan pagu anggaran yang telah disepakati bersama.

Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen AMI 2021
Previous
Next

Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP Universitas Riau melaksanakan kegiatan FGD untuk menyusun dokumen Audit Mutu Internal (AMI) pada tanggal 12 – 14 Desember 2021 di Hotel The Zuri, Pekanbaru. AMI merupakan bagian dari tahapan penjaminan mutu, yaitu untuk tahap ketiga dari serangkaian proses PPEPP.

Acara FGD ini diikuti oleh Ketua PJM LPPMP Universitas Riau dan Deputi yang terkait dengan Program SPMI dan AMI,  antara lain :

  1. Dr. Reni Suryanita, S.T,.MT (Ketua)
  2. Geovani Meiwanda, S. Sos., M.PA (Deputi SPMI)
  3. Dr. Yessi Olivia, SIP.,MintRel (Deputi SPME)
  4. Rahmat Rizal Andhi, ST., MT (Deputi SI)
  5. Heru Purnomo, S.Pi., M.Si (Staf PJM)
  6. Ulya Dian Yufia, S.IP (Staf PJM)

Dalam diskusi tersebut membahas tentang 7 Standar Audit yang telah dilaksanakan pada kegiatan yang lalu, tentang kekurangan dan kelebihan kegiatan tersebut serta menyiapkan AMI selanjutnya untuk 9 standar. Terdapat satu tugas besar yang harus segera di pecahkan oleh PJM dan Seluruh Ketua Jurusan UNRI yaitu Pelacakan Alumni atau Tracer Study, sampai saat ini belum ada cara yang cocok dan maksimal yang digunakan untuk kegiatan tersebut. Masalah tersebut sejatinya bukan hanya menjadi beban di PJM dan Jurusan/Prodi saja melainkan juga menjadi masalah yang harus dipecahkan bersama dengan seluruh pejabat yang berwenang Perguruan Tinggi.

Output dari kegiatan ini adalah buku cetak hasil Audit Mutu Internal (AMI) yang telah direview sebagai masukan bagi masing-masing Program Studi di Universitas Riau untuk mempersiapkan Proses Re-Akreditasi Program Studi atau Proses konversi  peringkat akreditasi dari A ke Unggul, B ke Baik sekali dan C ke Baik.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Hibah RPS Program Studi Universitas Riau 2021

Salah satu tugas Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP Universitas Riau adalah melakukan koordinasi, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kegiatan peningkatan akreditasi program studi di lingkungan Universitas Riau. Salah satu poin penilaian akreditasi adalah adanya kelengkapan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada masing-masing program studi. LPPMP berupaya untuk meningkatkan akreditasi nasional bagi program studi, maka PJM LPPMP UNRI telah menggulirkan Program Hibah RPS untuk membantu program studi dalam penyusunan RPSnya.

Berkenaan dengan hibah tersebut, pada Senin dan Selasa, 8-9 November 2021, PJM LPPMP UNRI mengadakan kegiatan Review Capaian Pembelajaran dan RPS mata kuliah Case dan Project-Based Method di Hotel Pangeran Pekanbaru. Tujuan diadakannnya kegiatan ini antara lain :

  1. Memastikan kegiatan program hibah RPS dijalankan oleh program studi penerima bantuan
  2. Memberikan solusi bagi program studi untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi dalam menjalankan program kegiatan yang telah diusulkan
  3. Setiap dosen mampu melakukan proses pembelajaran secara lebih bertanggungjawab, dalam rangka mencapai standar proses pembelajaran
  4. Mahasiswa mengetahui apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan dalam mengikuti mata kuliah yang bersangkutan serta dapat mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah koordinator prodi dan perwakilan dari 26 program studi yang telah menerima Hibah RPS. Narasumber kegiatan ini adalah Dr. Reni Suryanita, ST., MT, Dra. Yenita Roza, Ph.D dan Dr. Zulfarina, M.Si. Sedangkan sumber pendanaan kegiatan ini berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2021 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Hibah Akreditasi Program Studi Universitas Riau 2021

Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Hibah Akreditasi Program Studi pada tanggal 21-22 Oktober 2021 di Hotel Premiere Pekanbaru. Kegiatan ini mengundang seluruh ketua pelaksana dari masing-masing Program Studi yang telah mendapatkan Hibah Akreditasi Program Studi tahun 2021. 

Kegiatan ini dibuka oleh  Deputi SPMI, Geovanni Meiwanda, S.Sos., MPA dan Koordinator PJM LPPMP, Dr. Reni Suryanita, ST., MT yang memeberikan informasi dan penjelasan terkait Monev, laporan akhir, luaran dan rencana tindak lanjut dari Hibah Akreditasi pada tahun depan.

Selanjutnya seluruh peserta dibagi kedalam 3 ruangan untuk mempresentasikan kegiatan yang telah dilaksanakan dan luaran yang telah atau akan dihasilkan menggunakan dana Hibah Akreditasi Program Studi. Bertindak sebagai reviewer pada kegiatan Monev ini adalah Sekertaris LPPMP, Dr. Suyanto, M.Sc, Koordinator PJM LPPMP, Dr. Reni Suryanita, ST., MT, Deputi SPMI, Geovanni Meiwanda, S.Sos., MPA, Deputi SPME, Dr. Yessi Olivia, SIP., MintRel, Deputi Sistem Informasi, Rahmat Rizal Andhi, ST., MT, dan Assesor Internal LPPMP, Dr. rer. nat. Delita Zul, MSi.

Kegiatan Monev Hibah Akreditasi Program Studi ini berjalan dengan lancar dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Setiap Program Studi kemudian diwajibkan untuk menggungah Laporan Akhir dan Luaran dari Hibah ke website PJM (https://pjm.lppmp.unri.ac.id) paling lambat tanggal 30 Oktober 2021. Diharapkan setelah terlaksanakannya kegiatan Hibah Akreditasi ini, setiap Program Studi lebih siap dalam menghadapi proses Re-Akreditasi dan Konversi ISK yang telah ditetapkan oleh BAN-PT dan LAM masing-masing.

Workshop Penyusunan Dokumen Akreditasi Internasional dan Pengenalan IABEE sebagai Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) di bidang Teknik dan Infokom

Dalam rangka persiapan Akreditasi Internasional beberapa Program Studi di Universitas Riau, Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Dokumen Akreditasi Internasional dan Pengenalan Indonesia Accreditation Board For Engineering Education (IABEE) sebagai Lembaga Akreditasi Mandiri di Bidang Teknik dan Infokom (Computing) pada tanggal 7-8 Oktober 2021 di Hotel Premiere Pekanbaru. Kegiatan ini mengundang perwakilan dari Program Studi dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yaitu : Program Studi S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Sipil dan S1 Sistem Informasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua LPPMP Universitas Riau Prof. Dr. Zulkarnain, MM dan bertindak sebagai moderator adalah Koordinator PJM LPPMP, Dr. Reni Suryanita, ST., MT dan Deputi SPME, Dr. Yessi Olivia, SIP., MintRel. Narasumber dari kegiatan workshop ini adalah Sekertaris Jendral dari IABEE yaitu Berlian Kushari, ST., M.Eng.

Diharapkan dengan melaksanakan kegiatan workshop ini, Program Studi yang diundang dapat menyusun Laporan Evaluasi Diri dan Ikhtisar Prodi dari IABEE untuk persiapan Akreditasi Internasional dengan sebaik-baiknya. 

Workshop Peningkatan Kompetensi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)

Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP mengadakan kegiatan workshop pada tanggal 16-17 September 2021 di Hotel Zuri Pekanbaru. Kegiatan ini mengambil Judul “Workshop Peningkatan Pranata Laboratorium (PLP) Menuju Pengelolaan Laboratorium Yang Profesional Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan“. Kegiatan ini mengundang 75 PLP Universitas Riau dengan kombinasi pertemuan luring dan daring dimana pada hari pertama sebanyak 35 orang PLP hadir secara luring sedangkan 40 orang menghadiri secara daring melalui zoom meeting. Untuk hari kedua dilakukan pergantian peserta luring menjadi daring dan sebaliknya.

Narasumber yang hadir di kegiatan kali ini adalah Ketua Umum Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia (PPLPI) Sofyan, S.Si., M.Si dan Muhammad Ismail (Ketua TUK Faza Global Indonesia). Kegiatan ini juga diwakili oleh Deputi Pranata Laboratorium Pendidikan PJM LPPMP Universitas Riau, Suratman, ST., MT., dan Sekretaris LPPMP Universitas Riau, Dr. Suyanto, M.Sc.

Kegiatan Pendampingan dan Pengisian IPEPA

Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP mengadakan kegiatan Pendampingan dan Pengisian Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) pada tanggan 2 September 2021 di Hotel Premiere Pekanbaru. Kegiatan ini mengundang perwakilan dari Program Studi yang termasuk dalam Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) yang dikeluarkan oleh BAN-PT yaitu : Program Studi S2 Teknik Sipil, S1 Manajemen, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S1 Biologi, S1 Akuntansi dan D3 Manajemen Informatika.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris LPPMP Universitas Riau Dr. Suyanto, M.Sc dan bertindak sebagai moderator adalah Koordinator PJM LPPMP, Dr. Reni Suryanita, ST., MT dan Deputi SPME, Dr. Yessi Olivia, SIP., MintRel. Kegiatan ini juga mengundang perwakilan dari UPT TIK, Anah Romi, S.Pi, M.Kom untuk membantu proses pengisian data IPEPA melalui Sapto BAN-PT.

Diharapkan dengan melaksanakan kegiatan ini, 6 Program Studi yang diundang dapat mensubmit dokumen pendukung yaitu Data Kinerja (DK) dan Laporan Evaluasi Kinerja (LEK) sesuai dengan format dalam Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) ke BAN-PT melalui SAPTO sebelum batas waktu 3 bulan yang diberikan oleh BAN-PT sebelum proses dilanjutkan ke IPEPA Tahap 3.

Kegiatan Sosialisasi Aplikasi LKPS

Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengisian Data Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) menggunakan Aplikasi LKPS secara daring pada hari Rabu, 18 Agustus 2021 (09.00 – 12.00 WIB). Acara sosialisasi ini diadakan sebagai bimbingan teknis kepada masing-masing Operator Program Studi di Universitas Riau mengenai cara penggunaan Aplikasi LKPS berbasis website.

Diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan ini, Program Studi dapat mengupdate data LKPS masing-masing secara berkala untuk kemudian dilakukan Audit, Review dan Saran Perbaikan dari Auditor AMI dan Asesor Internal. Hal ini akan membantu Program Studi dalam persiapan data dan dokumen untuk proses Akreditasi atau Reakreditasi.

Penetapan Pemenang Program Hibah Akreditasi Program Studi Tahun 2021

Selamat kepada pemenang Hibah Akreditasi Program Studi tahun 2021. Dimohon untuk seluruh Ketua Pengusul dari Program Studi pemenang untuk merevisi proposal Hibah Akreditasinya dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Dana Hibah Skema 1 hingga Skema 5 adalah Rp. 15.000.000,-
  2. Dana hibah Skema 6 adalah Rp. 8.000.000,-
  3. Semua komponen biaya adalah belanja barang operasional termasuk pajak tidak dibolehkan membayar honor, jasa, dan perjalanan dinas
  4. Mengisi data dan upload proposal versi softfile pada link terlampir, paling lambat 12 April 2021 Pkl 15.00 WIB
  5. Proposal versi cetak sudah terjilid cover biru di antarkan ke Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP sebanyak 4 Rangkap paling lambat 12 April 2021 Pkl 15.00 WIB
  6. Tahap selanjutnya adalah tandatangan kontrak akan diumumkan kemudian melalui grup WA pemenang hibah yang akan diinvite berdasarkan data pada poin 4

Bagi program studi yang belum lolos, semoga bisa di danai di kegiatan LPPMP yang akan datang. Ada beberapa hal alasan yang menyebabkan proposal Program Studi belum lolos untuk di danai, antara lain :

  1. Proposal dibuat tidak mengikuti panduan yang telah disosialisasikan melalui website Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP UNRI
  2. Ketua pengusul tidak memenuhi persyaratan Dosen Tetap Program Studi (DTPS) (NIP/NIDK), anggota 2-5 orang
  3. Halaman Identitas tidak di tandatangani oleh  atasan Program Studi pengusul (Koprodi/Kajur/Dekan)
  4. Tidak menyertakan halaman pernyataan kesanggupan
  5. Tidak menyertakan SK Akreditasi, Sertifikat Akreditasi dan Izin Pendirian Program Studi
  6. Program Studi memiliki kemiripan dengan Program Studi lain

Link Daftar Program Studi Penerima Hibah Akreditasi 2021

Link Upload Revisi Proposal

Program Hibah Akreditasi Program Studi

Pusat Jaminan Mutu Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (PJM LPPMP) Universitas Riau membuka pendaftaran Proposal Hibah Akreditasi Program Studi Universitas Riau untuk pendanaan tahun 2021. Program Studi yang berminat bisa menunjuk Dosen atau Koordinator Program Studi sebagai Ketua Pengusul dan membentuk tim beranggotakan 2-5 orang. Usulan ini harus diketahui oleh Koordinator Program Studi/Ketua Jurusan dan Dekan Fakultas Pengusul.

Proposal Hibah dapat diunggah pada link yang telah disediakan oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP Universitas Riau selambat-lambatnya pada tanggal 28 Maret 2021. Berikut ini adalah Skema Hibah yang dibuka untuk pendanaan, yaitu :

  • Penyusunan Dokumen Akreditasi Internasional (Khusus Program Studi dengan Akreditasi A)
  • Penyusunan Dokumen Reakreditasi 9 Kriteria (LKPS)
  • Penyusunan Dokumen Konversi Akreditasi A ke Unggul (ISK) (Khusus Program Studi dengan Akreditasi A)
  • Penyusunan Dokumen Mutu Program Studi
  • Rekonstruksi Kurikulum Output Based Education (OBE) terintegrasi Budaya Akademik Amanah, Santun, Responsive, dan Inovatif (ASRI) dan Center of Excellence (CoE) Universitas Riau serta Merdeka Belajar
  • Pengembangan Konten Website Profil Program Studi

Besaran dana Hibah yang diberikan untuk Skema 1-5 adalah Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah) per Skema Kegiatan dan Rp. 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah) untuk Skema 6. Setiap Program Studi dapat mengusulkan lebih dari 1 Skema Kegiatan dengan batas maksimal 3 Skema Kegiatan dengan Ketua Pengusul yang berbeda di tiap Skema Kegiatan.

Komponen biaya Hibah Akreditasi Program Studi ini hanya berupa komponen belanja barang yang bersumber dari BOPTN untuk Program Studi D3 dan S1, serta PNBP untuk Program Studi S2 dan S3.

Berikut ini adalah jadwal kegiatan Hibah Akreditasi Program Studi 2021.

KEGIATAN TANGGAL
Sosialisasi Hibah Akreditasi 12 Maret 2021
Penerimaan Proposal Hibah 15 - 28 Maret 2021
Seleksi Pemenang 29 - 30 Maret 2021
Penetapan Pemenang 5 April 2021
Tanda Tangan Kontrak 12 April 2021
Waktu Pelaksanaan Kegiatan 12 April - 12 Agustus 2021
Pelaksanaan Monev Kegiatan Hibah Akreditasi 22 Juni 2021
Seminar Akhir 10 Agustus 2021
Penyerahan Laporan Akhir 16 Agustus 2021
Link Terkait

Pengumuman Program Hibah Akreditasi Program Studi Universitas Riau 2021 download

Panduan Hibah Akreditasi Program Studi Universitas Riau 2021 download

Indikator Kinerja Utama (IKU) PTN download

Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Riau download

Peraturan Menteri tentang Standar Biaya Masukan download

Keputusan Rektor tentang Budaya Akademik Universitas Riau Amanah, Santun, Responsif, dan Inovatif download

Lokakarya Persiapan UNRI Menuju Unggul melalui ISK Akreditasi

Pusat Jaminan Mutu (PJM) LPPMP Universitas Riau mengadakan Lokakarya Bimbingan Teknis Akreditasi untuk persiapan UNRI menuju Akreditasi Unggul melalui Istrumen Suplemen Konversi (ISK) Akreditasi pada tanggal 16 Maret 2021 secara Daring. Acara Lokakarya ini merupakan kerjasama dari Tim ACER dan PIU AKSI UNRI yang didanai oleh ADB. Acara ini dihadiri oleh WR1 UNRI, Prof. Dr. M. Nur Mustafa, M.Pd, Ketua LPPMP UNRI, Prof. Dr. Zulkarnain, MM, Senior Prohect Officer dari ADB, Prof. Aang Komariah (PIC PIU AKSI) dan Anggota Tim Penyusun IAPT & IAPS BAN-PT. 

Musyawarah Rencana Pembangunan LPPMP 2022 (Novotel 8-10 Februari 2021)

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Riau mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSREMBANG) untuk merencanakan kegiatan dan anggaran RKA-KL tahun 2021 dan 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh koordinator pusat dan deputi yang berada dibawah LPPMP Universitas Riau. Acara dibuka oleh Rektor Universitas Riau Prof. Aras Mulyadi, DEA dan ketua LPPMP Universitas Riau Prof. Zulkarnain, MM. 

Acara MUSREMBANG LPPMP Universitas Riau berlangsung selama 3 hari dengan tujuan untuk mendengarkan paparan dari seluruh pusat unit kerja di LPPMP untuk rencana kerja dan kegiatan di 2021 dan 2022. Pusat-pusat unit kerja yang hadir antara lain : 

  1. Pusat Jaminan Mutu (PJM)
  2. Pusat Pengembangan dan Pendidikan (Pusbangdik)
  3. Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2)
  4. Pusat Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU)
  5. Pusat Bimbingan Konseling (BK)
  6. Pusat Urusan Internasional (PUI)

Pada hari ketiga, diadakan pemaparan aplikasi LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) yang dibuat oleh UPT TIK Universitas Riau yang nantinya akan dikelola langsung oleh LPPMP Universitas Riau.

Sumber pendanaan kegiatan ini berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2020 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Akhir Kegiatan 2020
Kegiatan Penghargaan untuk Tim Satuan Penjaminan Mutu Fakultas Terbaik dalam Rangka Milad UNRI ke 58 Tahun 2020 (Aula Rektorat Universitas Riau 26 November 2020)

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Riau dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 114 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Univesitas Riau Pasal 78 s.d Pasal 98. Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Riau dipandang sebagai salah satu cara untuk menjawab berbagai permasalahan dan tantangan pendidikan tinggi Universitas Riau. Sebagai sebuah unit kerja, Pusat Jaminan Mutu LPPMP Universitas Riau memiliki fungsi sebagai pusat pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan, dengan tugas yang telah ditetapkan sebagai berikut: mengembangkan perangkat penerapan Sistem Penjaminan Mutu melalui penyiapan:

  • Kebijakan Mutu di tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan dan Program Studi
  • Manual Mutu
  • Prosedur Mutu
  • Standar Mutu
  • Perangkat Audit Mutu

Pusat Jaminan Mutu juga berkoordinasi dengan Tim Satuan Penjaminan Mutu tingkat Fakultas (SPMF) dalam menerapkan Sistem Penjaminan Mutu secara berkesinambungan, konsisten, efisien, dan akuntabel. Dalam rangka mengapresiasi kegiatan peningkatan mutu yang telah dilakukan oleh Tim SPMF di tingkat Fakultas maka Pusat Penjaminan Mutu LPPM memberikan penghargaan berupa bantuan insentif kegiatan mutu untuk tahun 2021 kepada Tim SPMF yang dinilai terbaik dan berkomitmen dalam menjalankan kegiatan penjaminan mutu di tingkat fakultas. Kegiatan pemberian apresiasi ini dilaksanakan sehubungan Milad Universitas Riau 2020.

Tujuan kegiatan pemberian penghargaan untuk Tim Sistem Penjaminan Mutu Fakultas Terbaik dalam Rangka Milad UNRI ke 58 Tahun 2020 adalah memberikan apresiasi dan menambah semangat tim SPMF dalam kegiatan peningkatan mutu di fakultas.

Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Tim SPMF di fakultas agar tetap bersemangat meningkatkan kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas mutu pendidikan di fakultas masing-masing.

Peserta yang mengikuti seleksi pemberian penghargaan kepada Tim SPMF Univeristas Riau ini diikutin oleh 11 Tim Satuan Penjaminan Mutu Fakultas/ Pascasarjana di lingkungan Universitas Riau.

Kategori Tim Satuan Penjaminan Mutu Fakultas (SPMF) Terbaik dimenangi oleh: Tim SPMF Fakultas Kedokteran,  dengan Ketua: Drg. Rita Endriani, M.Kes.

Sumber pendanaan kegiatan ini berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2020 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Finalisasi SOP Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), SOP Laboratorium, dan SOP Magang di Lingkungan Universitas Riau (Hotel Pangeran 19 November 2020)

Sebagai sebuah unit kerja, Pusat Jaminan Mutu LPPMP Universitas Riau memiliki fungsi sebagai pusat pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan, dengan tugas yang telah ditetapkan sebagai berikut: 

  1. Mengembangkan perangkat penerapan Sistem Penjaminan Mutu melalui penyiapan:
    • Kebijakan Mutu di tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan dan Program Studi
    • Manual Mutu
    • Prosedur Mutu
    • Standar Mutu
    • Perangkat Audit Mutu
  2. Menerapkan Sistem Penjaminan Mutu secara berkesinambungan, konsisten, efisien, dan akuntabel.
  3. Mengelola data dan informasi yang relevan dengan peningkatan mutu Universitas Riau
  4. Mengkoordinir pelaksanaan hibah dalam persiapan proposal, manajemen pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta pengelolaan pelaporan dan pertanggungjawabannya.
  5. Memfasilitasi dan mendampingi Program Studi dalam mempersiapkan dokumen dan visitasi untuk pengajuan status Akreditasi.
  6. Melakukan pembinaan civitas academica Universitas Riau menyangkut kesiapan dan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu di Unit Kerja masing-masing.
  7. Melaksanakan Audit Mutu Akademik Internal, di lingkungan Unit Kerja Pelaksana Akademik terkait, secara periodik dan terprogram

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan dokumen SOP Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  2. Menghasilkan dokumen SOP Laboratorium
  3. Menghasilkan SOP Magang Merdeka Belajar

Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pelaksanaan akademik yang sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku di lingkungan Universitas Riau.

Peserta yang mengikuti Kegiatan ini sebanyak 45 orang yang terdiri Tim SOP Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Tim SOP Laboratorium, dan Tim SOP Magang dari PLP di lingkungan Universitas Riau.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah Dr. Yulia Yeni dari LP2MP Universitas Andalas Padang dan Dr. Dedison Gasni yang memberikan pengalaman Universitas Andalas dalam menjalankan perkuliahan jarak jauh selama pandemi Covid 19 dengan SOP yang jelas.

Sumber pendanaan kegiatan ini berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2020 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) - Hotel Pangeran 18 November 2020

Pandemi COVID-19 ini telah memberi pelajaran bagi dosen mengenai pentingnya penggunaan teknologi komunikasi dalam proses belajar mengajar. Dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini, suka tidak suka, dosen dan mahasiswa dipaksa untuk lebih melek terhadap teknologi dan mampu menggunakannya dalam kegiatan sekolah sehari-hari. PJJ telah memaksa dunia pendidikan beradaptasi dengan teknologi komunikasi serta berbagai platform digital untuk mendukung proses pembelajaran.

Dengan situasi saat ini yang mengalami berbagai hambatan dalam perkuliahan daring, maka perlu diadakan evaluasi kegiatan pembelajaran jarak jauh ini  agar ditemukan upaya upaya yang dapat dilakukan agar dapat menyesuaikan diri dengan keadaan. Pandemi COVID-19 ini belum bisa diprediksikan kapan berakhirnya sehingga kita tidak bisa menunggu situasi kembali normal untuk mulai beraktivitas kembali. Termasuk dalam hal pembelajaran, adanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan segala dinamikanya masih merupakan pilihan yang logis agar para mahasiswa tetap belajar dan menghindari penyebaran virus Corona.

Tujuan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah menghasilkan laporan evaluasi pembelajaran jarak jauh yang di lakukan oleh setiap fakultas selama pandemi COVID19 periode semester Ganjil 2020. Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk solusi atas hambatan yang dihadapai oleh mahasiswa dan dosen dalam pelaksanaan perkuliahan daring di Universitas Riau.

Peserta yang mengikuti Kegiatan ini sebanyak 55 orang yang terdiri Tim Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di lingkungan Universitas Riau.

Sumber pendanaan kegiatan ini berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2020 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Workshop Pembuatan Dokumen ISO 17025 Menuju Implementasi di Laboratorium dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) di Lingkungan Universitas Riau (17 November 2020 di Hotel Pangeran)

Laboratorium pendidikan yang selanjutnya disebut laboratorium adalah unit penunjang akademik pada lembaga pendidikan, berupa ruangan tertutup atau terbuka, bersifat permanen atau bergerak, dikelola secara sistematis untuk kegiatan pengujian, kalibrasi, danlatau produksi dalam skala terbatas, dengan menggunakan peralatan dan bahan berdasarkan metode keilmuan tertentu, dalam rangka pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Akreditasi ISO 17025 merupakan bentuk pengakuan terhadap laboratorium yang ada di Universitas Riau dengan standar internasional. Dengan memperhatikan besarnya manfaat akreditasi ISO 17025 ini, maka sangat perlu untuk mempersiapkan dokumen – dokumen yang terkait dengan akreditasi ini. 

Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) adalah pegawai PNS yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak untuk melakukan kegiatan di bidang pengelolaan Laboratorium pendidikan yang meliputi perencanaan, pengoperasian, pemeliharaan, pengevaluasian dan pengembangan. Sesuai Permenpan RB no 7 tahun 2019, salah satu kegiatan PLP adalah pengembangan profesi berupa penuliasan karya tulis ilmiah (KTI) dibidang pengelolaan laboratorium. Berdasarkan hal ini dirasa perlu untuk memberikan pemahaman tentang penulisan KTI ini.

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengoptimalkan pengelolaan laboratorium dan sumberdaya yang ada di dalamnya agar menjadi produktif, dan berkualitas dengan standar ISO 17025.
  2. Memberikan pelayanan prima sebagai pusat pendidikan, pengembangan dan aplikasi penelitian di berbagai bidang keilmuan.
  3. PLP mampu menyusun instruksi kerja yang baik dengan merujuk standar ISO 17025.
  4. PLP mampu untuk membuat dan mengimplentasikan instruksi kerja dengan standar ISO 17025 di laboratorium.
  5. PLP mampu menerapkan standar ISO 17025 di laboratorium tempatnya bekerja, sehingga secara bertahap sistem kerja di laboratorium berstandar pada ISO 17025.
  6. PLP mampu membuat karya tulis ilmiah (KTI) dibidang pengelolaan laboratorium yang dimuat pada prosseding maupun jurnal sebagai representasi dari penelitian dan kajian yang dilakukan dilaboratorium.

Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Mampu memberikan kontribusi terhadap kualitas lulusan Universitas Riau
  2. Memberikan dampak terhadap kualitas hasil penelitian Dosen, PLP, dan Mahasiswa.
  3. Memberikan dampak terhadap kualitas hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menggunakan fasilitas laboratorium.
  4. Menambah jumlah publikasi ilmiah di lingkungan Universitas Riau.

Peserta yang mengikuti Kegiatan ini sebanyak 73 orang yang terdiri dari PLP di lingkungan Universitas Riau.

Narasumber kegiatan ini adalah Titik Indrawati S.T. (PLP Ahli Muda Universitas Jenderal Soedirman) dan Dr. Reni Suryanita, MT (Koordinator Pusat Penjaminan Mutu Universitas Riau).

Sumber pendanaan kegiatan ini berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2020 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Seminar Hasil Hibah Akreditasi Internasional dan Akreditasi Nasional (6 November 2020 di Hotel Pangeran)

Melalui program bantuan Hibah Akreditasi Internasional maupun Hibah Akreditasi Nasional, LPPMP berupaya untuk meningkatkan peringkat akreditasi program studi. Untuk itu program studi yang didanai dari hibah akreditasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas program studi melalui kegiatan yang diusulkan berupa rekontruksi kurikulum OBE, dan kegiatan penjaminan mutu di program studi. Bantuan hibah ini diberikan dalam bentuk biaya proses kegiatan yang berkaitan dengan persiapan pengajuan akreditasi sesuai kriteria dan anggaran yang tersedia. Pada program hibah ini, PJM LPPMP UNRI telah menyeleksi 21 program studi yang lolos seleksi untuk dibiayai. Selanjutnya untuk meningkatkan efektifitas pemanfaatan Hibah Akreditasi Internasional dan Nasional Program Studi, dilakukan Monev program Hibah Fasilitasi Akreditasi Internasional dan Nasional Program Studi yang difokuskan pada tepat sasaran penggunaan dana dan keberhasilan serapan dalam menuju akreditasi internasional prodi. Kegiatan yang didanai melalui hibah dan luaran yang telah dihasilkan di presentasikan oleh program studi dalam kegiatan Seminar Hasil Hibah Akreditasi Program Studi yang diadakan oleh PJM di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  • Memastikan kegiatan program hibah akreditasi telah dijalankan oleh program studi penerima bantuan dengan baik
  • Memastikan kegiatan program hibah akreditasi telah menghasilkan luaran kegiatan sesuai dengan yang telah diusulkan dalam proposal kegiatan program studi pelaksana hibah akreditasi.

Peserta yang mengikuti Kegiatan ini terdiri dari Koordinator Prodi dan Perwakilan dari masing-masing Prodi di Universitas Riau.

Sumber pendanaan kegiatan ini berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2020 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Workshop Penyusunan Borang Instrumen Suplemen Konversi /ISK (21-22 Oktober 2020 di Hotel Pangeran)

Berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, peringkat akreditasi saat ini tidak lagi menggunakan peringkat akreditasi A, B, C tetapi menggunakan peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Sebagai tindak lanjut atas terbitnya Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020, BAN-PT telah menerbitkan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi Untuk Akreditasi Yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Salah satu poin yang diatur dalam peraturan ini adalah tentang mekanisme konversi peringkat akreditasi yang lama ke peringkat akreditasi yang baru. Berdasarkan peraturan BAN-PT tersebut konversi predikat akreditasi program studi dan perguruan tinggi dilakukan dengan menggunakan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Peringkat Akreditasi. Sampai saat ini belum satupun program studi (prodi) di Universitas Riau yang telah terakreditasi dengan peringkat akreditasi yang baru. Terkait dengan hal tersebut, Pusat Jaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu dan dan Pengembangan  Pendidikan (LPMPP) Universitas Riau telah melaksanakan Workshop Penyusunan Borang Instrumen Suplemen Konversi (ISK) pada tanggal 21-22 Oktober 2020.

Tujuan kegiatan Workshop Penyusunan Borang Instrumen Suplemen Konversi (ISK) adalah tersusunnya draf ISK dari prodi peserta workshop yang selanjutnya akan disempurnakan di prodi masing-masing dan diharapkan versi akhir dokumen ISK siap diunggah ke Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BAN-PT sebelum masa akreditasi masing-masing prodi berakhir dan peserta Workshop jadi mengetahui tentang komponen penting yang menjadi penilaian dalam penyusunan ISK akreditasi prodi dari A ke Unggul, B ke Baik Sekali.

Peserta yang mengikuti Kegiatan ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari Perwakilan dari masing-masing Prodi di Universitas Riau.

Narasumber kegiatan Workshop Penyusunan Borang Instrumen Suplemen Konversi (ISK) adalah Dr. Reni Suryanita, ST., M.T. (Koordinator Pusat Jaminan Mutu LPPMP Universitas Riau).

Sumber pendanaan kegiatan ini berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2020 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Monev Hibah Akreditasi Program Studi (bertempat di 21 prodi penerima hibah 6-12 Agustus 2020)

Dalam rangka peningkatan akreditasi nasional LPPMP menggulirkan Program Hibah Akreditasi Internasional dan Program Hibah Akreditasi Nasional Program Studi. Bantuan ini diberikan dalam bentuk hibah untuk biaya proses kegiatan yang berkaitan dengan persiapan pengajuan akreditasi sesuai kriteria dan anggaran yang tersedia. Pada program hibah ini, PJM LPPMP UNRI telah menyeleksi 21 program studi yang lolos seleksi untuk dibiayai. Selanjutnya untuk meningkatkan efektifitas pemanfaatan Hibah Akreditasi Internasional dan Nasional Program Studi, dilakukan Monev program Hibah Fasilitasi Akreditasi Internasional dan Nasional Program Studi yang difokuskan pada tepat sasaran penggunaan dana dan keberhasilan serapan dalam menuju akreditasi internasional prodi.

Tujuan kegiatan monev hibah akreditasi program studi tanggal 6-12 Agustus 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Memastikan kegiatan program hibah akreditasi dijalankan oleh program studi penerima bantuan
  2. Memberikan solusi bagi program studi untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi dalam menjalankan program kegiatan yang telah diusulkan.
  3. Memberikan rekomendasi untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi mendatang.

Peserta yang mengikuti Kegiatan ini terdiri dari Koordinator Prodi dan Perwakilan dari masing-masing Prodi di Universitas Riau antara lain :

  1. D3 Manajemen Informatika
  2. S1 Hubungan Internasional
  3. S1 Pendidikan Biologi
  4. S1 Teknik Sipil
  5. S1 Manajemen
  6. S2 Ilmu Administrasi
  7. S1 Agroteknologi
  8. S2 Teknik Sipil
  9. D3 Teknologi Pulp dan Kertas
  10. S1 PGSD
  11. S1 Teknik Kimia
  12. S1 PAUD
  13. S2 Pendidikan IPA
  14. S1 Biologi
  15. S1 Ilmu Kelautan
  16. S1 Agribisnis
  17. S1 Administrasi Publik
  18. S1 Akuntansi
  19. S3 Ilmu Lingkungan
  20. S1 Kedokteran
  21. S1 Ilmu Keperawatan

Sumber pendanaan kegiatan kegiatan monev hibah akreditasi program studi tanggal 6-12 Agustus 2020 berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2019 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Workshop Implementasi Merdeka Belajar Dalam Kurikulum Outcome Based Education Dalam Rangka Persiapan Akreditasi Unggul Program Studi Tahun 2020 (Zoom Teleconference 24 Juni 2020)

Merdeka Belajar merupakan  kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa  untuk menguasai  berbagai  keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Kebijakan Merdeka Belajar ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pada   Pasal 18 Permendikbud, disebutkan  bahwa pemenuhan masa dan beban  belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat  dilaksanakan:

1) mengikuti  seluruh proses pembelajaran dalam program  studi pada perguruan tinggi  sesuai masa  dan  beban  belajar;  dan  

2) mengikuti  proses  pembelajaran di dalam  program  studi untuk  memenuhi sebagian  masa  dan  beban  belajar dan  sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi.

Tujuan kegiatan Workshop Implementasi Merdeka Belajar dalam Kurikulum Outcome Based Education dalam Rangka Persiapan Akreditasi Unggul Program Studi adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pembekalan bagi program studi dalam penyusunan kurikulum berbasis capaian pembelajaran (OBE)
  2. Memberikan pemahaman bagi prodi dalam menyiapkan dokumen kurikulum untuk proses akreditasi program studi.

Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Tersedianya kurikulum OBE pada 21 prodi
  2. Implementasi kurikulum OBE pada 21 prodi
  3. Peningkatan status akreditasi pada 21 prodi

Peserta yang mengikuti Kegiatan ini sebanyak 193 orang yang terdiri dari Koordinator Prodi dan Perwakilan dari masing-masing Prodi di Universitas Riau.

Narasumber kegiatan Workshop Implementasi Merdeka Belajar dalam Kurikulum Outcome Based Education dalam Rangka Persiapan Akreditasi Unggul Program Studi adalah Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T. (Dosen Tetap Departemen Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem ITS Surabaya).

Sumber pendanaan kegiatan kegiatan Workshop Implementasi Merdeka Belajar dalam Kurikulum Outcome Based Education dalam Rangka Persiapan Akreditasi Unggul Program Studi berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2020 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi IAPS 4.0 (Hotel Alpha Pekanbaru 13-14 Februari 2020)

Sehubungan dengan perubahan borang pengusulan akreditasi menjadi format 9 kriteria yang dikenal dengan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 maka perlu dilakukan sosialisasi untuk program studi dalam pengisian borang AIPS 4.0 dan apa hal yang baru yang akan dinilai oleh BANPT sehubungan dengan akreditasi 9 kriteria ini. Untuk itu Pusat Jaminan Mutu LPPMP UNRI yang membawahi kegiatan akreditasi di Universitas Riau mengadakan kegiatan dengan judul: Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh koordinator program studi yang ada di Universitas Riau.

Tujuan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0) adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman bagi program studi tentang perubahan baru dalam akreditasi IAPS 4.0
  2. Memberikan pembekalan bagi prodi dalam menyiapkan dokumen akreditasi 9 kriteria (IAPS 4.0)

Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai bagi program studi dalam menyiapkan draft dokumen IAPS 4.0 yang terdiri dari Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED).

Peserta yang mengikuti Kegiatan ini sebanyak 63 perwakilan program yang terdiri dari Koordinator Prodi dan Perwakilan dosen dari masing-masing Prodi di Universitas Riau.

Narasumber kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0)  adalah Dr. Sugiyono (Dewan Eksekutif BANPT) dan Prof. Dr. Rujito, asesor BANPT yang berasal dari Universitas Sriwijaya.

Sumber pendanaan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0) berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2020 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Workshop Persiapan Reakreditasi Program Studi di Lingkungan Universitas Riau (Hotel Alpha 4 Februari 2020)

Universitas Riau sebagai perguruan tinggi yang terakreditasi A berkewajiban untuk menjamin mutu penyelenggaraan setiap prodi agar tetap mendapatkan pengakuan dari pemerintah dan masyarakat. Untuk itu perlu mempersiapkan program studi dalam pengajuan reakreditasi berikutnya agar dapat meningkatkan peringkat akreditasi. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Workshop satu hari yang mengundang narasumber yang telah berpengalaman dalam menyiapkan borang pengajuan akreditasi baik borang akreditasi internasional maupun borang akreditasi nasional yang disiapkan bagi seluruh akreditasi prodi program sarjana.

Tujuan kegiatan Workshop Persiapan Reakreditasi Program Studi di lingkungan Universitas Riau adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pembekalan bagi program studi dalam penyusunan borang akreditasi program studi
  • Memberikan pemahaman bagi prodi dalam menyiapkan dokumen akreditasi internasional.

Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Tersedianya draft dokumen akreditasi IAPS 4.0 progam studi
  • Tersedianya draft dokumen akreditas internasional bagi program studi yang telah mendapatkan nilai akreditasi A
  • Peningkatan status akreditasi pada seluruh prodi di UNRI.

Narasumber kegiatan Workshop Persiapan Reakreditasi Program Studi di lingkungan Universitas Riau adalah Dedison Gasni, ST., MT., Ph.D, Ketua Pusat Penjaminan Mutu LP3MP Universitas Andalas Padang.

Sumber pendanaan kegiatan kegiatan Workshop Persiapan Reakreditasi Program Studi di lingkungan Universitas Riau berasal dari DIPA Universitas Riau Tahun Anggaran 2020 melalui PNBP LPPMP Universitas Riau.

Pengumuman Penerima Hibah Pengembangan Profesi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)